Rabu, 28 Desember 2011

Tips Tenis Meja Bagi pemula 1


Tenis meja merupakan salah satu olahraga yang mudah dilakukan, setiap orang dapat langsung bisa bermain tenis meja, namun akan sedikit lebih sulit bila kita ingin lebih memperdalam, karena banyak sekali teknik dalam bermain tenis meja, sehingga banyak pula yang perlu dipelajari, mulai dari pemilihan peralatan yang tepat, cara memegang bet, teknik bola biasa/drive biasa, memukul bola pelintir atas/bawah, pelintir samping, pelintir 45 dejarat, pelintir 30 derajat, dan masih banyak lagi teknik untuk pemutaran bola, belum lagi tata cara menerima pukulan lawan, kecepatan pukulan, posisi bersiap/kuda-kuda, gerakan kaki/footwork, posisi badan dari meja, dan lain sebagainya.
Kali ini kita akan membahas terlebih dahulu mengenai pemilihan peralatan tenis meja yang tepat. Bagi pemain yang ingin memperdalam tenis meja, tidak sekedar bermain saja, peralatan adalah faktor yang sangat penting. Peralatan yang dimaksud di sini adalah bet yang terdiri dari kayu tenis meja dan karetnya.

Banyak pemain tenis meja yang awal bermain tenis meja atau yang masih pemula masih mengandalkan bet yang ketika membeli karetnya sudah ada tertempel pada kayunya. Model bet ini boleh digunakan namun hanya untuk bersenang-senang saja, karena pemain akan kesulitan untuk memperdalam permainan tenis meja dengan menggunakan bet seperti ini. Perusahaan-perusahaan besar pembuat peralatan tenis meja seperti Butterfly, Donic, Stiga dan yang lainnya pun masih mengeluarkan produk yang betnya langsung jadi yaitu karet sudah terpasang dengan kayunya. Salah satu alasannya mungkin adalah untuk membidik orang yang bermain tenis meja dengan tujuan bersenang-senang.

Untuk pemain yang ingin memperdalam permainan tenis meja, dianjurkan untuk menggunakan bet yang ketika membelinya terpisah antara kayu dan karetnya.

Untuk pemain dengan pegangan shakehand (seperti jabat tangan), pemain memerlukan 2 buah karet dengan warna yang berbeda untuk forehand dan backhand (aturan ITTF/ lembaga resmi tenis meja dunia), sedangkan untuk pegangan penholder (seperti memegang pulpen/biasanya banyak pemain Cina menggunakan pegangan ini), cukup dengan 1 karet saja, karena pemain penholder secara umum hanya menggunakan satu sisi karet saja, namun dengan berkembangnya waktu, saat ini sudah banyak pemain penholder yang menggunakan dua sisi, seperti pemain nasional Cina, sehingga memerlukan dua karet.

Untuk pemilihan kayu dan karet tergantung dari tipe permainan dari pemain itu sendiri, tipe permainan yang ingin dikembangkan ataupun tergantung dari dana yang tersedia.

Sebelum memilih kayu dan karet yang tepat sebaiknya bertanya terlebih dahulu kepada rekan yang sudah berpengalaman, pemain profesional ataupun pelatih. Dengan bertanya kepada mereka akan memudahkan kita memilih perlengkapan tenis meja.

Banyak pemain pemula yang langsung menggunakan kayu dan karet yang langsung bagus, itu tidak ada salahnya, karena dengan kualitas peralatan yang baik akan cepat membantu pemain tersebut berkembang.

Memilih kayu

Kayu tenis meja sangat beragam, namun secara keseluruhan terbagi menjadi dua fungsi, yaitu untuk pemain bertahan dan pemain serang. Kayu untuk pemain bertahan biasanya tidak memberikan efek kencang kepada karetnya, namun memberikan kontrol yang maksimal, sehingga bola akan lebih mudah di kontrol dan dikembalikan dengan baik. Sedangkan kayu untuk pemain serang akan memberikan efek kecepatan dan putaran maksimal terhadap karetnya, namun biasanya kontrol yang diberikan relatif kurang.

Setiap pabrikan atau produsen perlengkapan tenis meja memiliki karakter sendiri-sendiri dalam membuat kayunya, mulai dari bahan, pegangan, bentuk sampai dengan ukuran kecepatan dan putarannya. Misal untuk Butterfly, mereka memiliki bahan-bahan tambahan dalam membuat kayunya agar hasilnya maksimal, misal dengan menambah karbon, fiber maupun arylate.

Untuk pemain pemula, pilihlah kayu yang sesuai dengan karakter permainan, misal jika pemain tersebut memiliki tipe permainan serang atau ingin mengembangkan tipe permainan serang, maka dipilih kayu dengan tipe tersebut. Salah satu cara memudahkan memilih kayu yang tepat adalah dengan melihat ukuran dari kayu tersebut, misal kekerasannya berapa, kontrolnya berapa, karena setiap pabrikan memberikan keterangan terhadap kayu yang dibuatnya, selain itupun kita dapat membandingkan dengan kayu yang lainnya untuk memudahkan memilih. Karena ukuran suatu kayu dapat dibandingkan dengan kayu yang lainnya, tentu saja dengan melihat dari katalog yang dibuat oleh pabrikan.

Memilih Karet
Setelah memilih kayu tenis meja adalah penting memilih karet yang tepat. Di artikel sebelumnya (secara terpisah) kita sudah membahas bagaimana pemilihan karet yang tepat, sehingga kita tidak perlu lebih dalam membahas mengenai ini, yang terpenting adalah pilihlah karet yang sesuai dengan permainan kita atau permainan yang akan dikembangkan oleh kita. Untuk lebih baiknya, tanyakan kepada pelatih atau pemain yang sudah berpengalaman, sehingga memudahkan kita dalam memilih karet yang tepat.

Boleh juga jika penasaran untuk mencoba-coba karet yang tepat, namun yang pasti disarankan jangan merubah-rubah tipe karet terlalu sering, karena permainan yang akan dikembangkan akan berubah-rubah, tergantung tipe karetnya, sehingga kita akan kesulitan untuk fokus dalam mengembangkan permainan.

Secara umum memang banyak pemain tenis meja yang berprestasi menggunakan satu tipe atau merek karet dalam jangka waktu yang lama, sehingga mereka akan lebih mudah fokus memperdalam skilnya dalam bermain tenis meja. Namun ada juga pemain yang berprestasi menggunakan beberapa merek bergantian dalam tempo waktu yang relatif singkat, namun jarang sekali pemain seperti ini.

Jangan terjebak dengan harga suatu karet, sesuaikan karet dengan tipe permainan yang dimiliki.

Pastikan karet yang akan digunakan oleh kita harus telah disetujui oleh ITTF dan sesuai dengan aturan yang dikeluarkan oleh ITTF.

Setelah kita memilih perlengkapan yang sesuai dengan karakteristik permain kita atau permainan yang ingin kita kembangkan, selanjutnya adalah mencari komunitas tenis meja.
Komunitas tenis meja yang dimaksud adalah perkumpulan/klub tenis meja yang ada di daerah Anda, baik itu perkumpulan yang biasa saja sampai dengan perkumpulan tenis meja yang sudah bertaraf profesional. Dengan mencari kemudian bergabung dengan perkumpulan/klub tenis meja semakin mudah kita memperoleh pengetahuan dan tata cara bermain tenis meja dengan baik dan benar.
Lihat saja saat ini, pemain tenis meja yang baik awalnya kebanyakan berasal dari klub yang lumayan baik di daerahnya, contoh paling gampang adalah klub Surya Kediri, karena memang klub ini mencetak pemain berprestasi, selain sarana yang memadai juga karena disana terdapat pelatih yang baik disertai sparing partner yang notabene banyak pemain berprestasi, sehingga menjadikan Surya sebagai komunitas tenis meja yang baik. Namun tentu saja komunitas yang dimaksud tidak harus seperti Surya.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:
Free Blog Templates